Cara Mengatasi Masalah File Ads.txt pada Google Adsense

CARATUT -- Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense. Bila anda menemukan artikel ini, tentunya anda salah satu publisher Google AdSense. Karena artikel ini hanya dicari oleh orang-orang yang mangalami permasalahan pada File Ads.txt. Dan di artikel ini, saya akan berbagi mengenai masalah pada File Ads.txt dan cara mengatasinya. Tetapi di tulisan ini, saya hanya membahas untuk para pengguna Blogger. 

Pengertian File Ads.txt

File adalah kumpulan catatan, arsip atau dokumen yang mengandung info tertentu, baik berupa catatan, copyan, video, gambar, kode, dan simbol. File pada umumnya mengandung informasi yang didalamnya terdapat tanggal dan waktu. File pada umumnya disimpan dalam suatu perangkat seperti komputer atau dikumen tertentu.

Sedangkan Ads.txt adalah singkatan dari Authorized Digital Sellers. Dikutip dari Pusat Bantuan Google edsense dijelaskan bahwa Ads.txt atau Authorized Digital Sellers merupakan:

"inisiatif IAB (Internet Architecture Board) yang membantu memastikan inventaris iklan digital Anda hanya dijual melalui penjual resmi (seperti AdSense) yang telah Anda identifikasi. Membuat file ads.txt sendiri memberi Anda kontrol yang lebih besar terhadap siapa yang diizinkan untuk menjual iklan di situs Anda dan membantu mencegah inventaris palsu ditampilkan kepada pengiklan.".

Dari kutipan di atas dapat ambil kesimpulan bahwa File Ads.txt dibuat agar pengiklan dapat mengontrol iklan di website kita. Selain itu, File Ads.txt juga membantu para publisher (pemilik website/Blogger) agar dapat mengontrol iklan apa saja yang boleh tampil di websitenya. Dalam hal ini, File Ads.txt dapat menfilter iklan sampah.

File Ads.txt sangat diwajibkan bagi teman-teman publisher Google AdSense. Ini saya katakan karena ada beberapa kelebihan diantaranya:
  1. File Ads.txt membantu sobat untuk menyaring iklan apa saja yang anda inginkan tampil di Blog.
  2. File Ads.txt membantu untuk menyaring iklan sampah alias penyusut yang ingin tampil di blog sobat.
  3. File Ads.txt membantu memaksimalkan pendapat. 
Cara Memperbaiki masalah File Ads.txt di Google AdSense

Jika File Ads.txt pada Google AdSense sobat bermasalah akan tampil di halaman Beranda Google Edsense Sobat Tulisan Seperti dibawah:

"PENGHASILAN ANDA BERISIKO. ANDA PERLU MEMPERBAIKI BEBERAPA MASALAH FILE ADS.TXT UNTUK MENGHINDARI DAMPAK YANG SERIUS PADA PENDAPATAN ANDA".

Perhatikan Gambar di Bawah:
Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense
Tampilan Google Edsense Sobat seperti ini jika mengalami masalah

Untuk mengatasi permasalahan File Ads.txt seperti di atas perlu langkah-langkah seperti di bawah ini:

1. Pastikan Sobat Masuk (Login) Ke Halaman Google Edsense
2. Pada tampilan layar depan akan tampil tulisan "Penghasilan Anda Berisiko. Anda Perlu Memperbaiki Beberapa Masalah File Ads.Txt Untuk Menghindari Dampak Yang Serius Pada Pendapatan Anda".
3. Pada Bagian bawah tulisan akan Tampil dua Pilihan Yakni "Perbaiki Sekarang" dan "Pelajari Lebih Lanjut". Sobat pilih "Perbaiki Sekarang".
Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense
Anda pilih perbaiki sekarang

4. Maka akan tampil Website sobat yang mengalami masalah "File Ads.txt". Tulisannya kira-kira seperti ini,"

"Buat File Ads.txt untuk 1 situs". 

"Untuk mencegah dampak yang serius pada penghasilan Anda, dowload file ads.txt lalu upload ke domain tingkat root dari situs:

  • wisataoky.com 

"Perubahan ads.txt mungkin membutuhkan waktu beberapa hari. Jika Anda menggunakan jaringan iklan lain, jangan lupa untuk menambahkan jaringan tersebut ke file ads.txt. Lihat panduan Ads.txt untuk detail selengkapnya."

"Download"
Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense
Sobat Klik Download

5. Pada Tampilan Download, sobat Klik, maka otomatis file Ads.txt akan di download. Setelah selesai Buka dan hasilnya akan seperti ini:

"Google.com, Pub-49925000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0" (pastikan nomor Id Penayangan Sobat sesuai dengan yang ada di Google Edsense). Perhatikan Gambar di bawah!
Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense
Tampilan Ads.txt setelah di download (ingat buka dengan format Html)


6. Langkah selanjutnya, sobat login ke Blogger.com . Sobat Masuk ke Blog yang mengalami masalah. Pada tampilan depan sobat pilih Setelan => Preferensi Penelusuran => Monetisasi. 
Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense
Ikuti langkah-langkah seperti pada gambar.

7. Pada bagian Monetisasi sobat klik edit dan Aktifkan konten ads.txt kustom (ceklisn "Ya").
8. Setelah sobat pilih "Ya", maka akan tampil kota konten, Sobat isi dengan File Ads.txt yang telah di download tadi. Contonya seperti ini : "Google.com, Pub-49925000000, DIRECT, f08c47fec0942fa0"
9. Langkah selanjutnya sobat klik "Simpan Perubahan". Maka proses atau Cara Mengatasi File Ads.txt pada Google Adsense telah selesai. Selamat mencoba.

Catatan:
  1. Bila anda sudah melakukan tahapan-tahapan di atas tetapi peringatan di Beranda sobat belum hilang, maka tidak perlu kwatir, karena proses perbaikan File Ads.txt pada Google Adsense memang membutuhkan waktu beberapa hari. Jadi sobat bersabar ajah. Demikian tutorial ini semoga bermanfaat.
  2. Untuk mempermuda perhatikan gambar di atas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Masalah File Ads.txt pada Google Adsense"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel