Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

CARATUT -- Di pembahasan sebelum, telah diulas tentang "Persiapan Awal Sebelum Membuat Blog Agar Sukses". Bagi sobat yang belum membaca, silakan di lihat pada link di atas. Oke baiklah langsung saja Bang Sin akan berbagi tetang cara membuat blog. Pertama yang sobat harus persiapkan yakni email contohnya seperti ini: "Caratut97@gmail.com".

Jika tidak memiliki email, sobat tidak akan bisa membuat blog. Maka dari itu penting sobat memiliki email. Setelah memiliki email, buka browser pada laptop, atau Hp sobat. Setelanjutnya ketik Blogger (dot) com lalu enter.  Untuk lebih jelasnya ikutinn langkah-langkah di bawah ini.

1. Langkah pertama yang harus sobat lakukan yakni membuka Browser pada laptop, komputer atau hp sobat. Setalanjutnya ketik "Blogger.com" dan tekan enter. Maka sobat akan dibawah ke halaman berikutnya. Di bawah ini adalah salah satu contoh saya membuka browser Google Chrome kemudian mengetik tulisan Blogger.com.

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

2. Setelah mengklik enter atau search, maka sobat akan dibawa ke tampilan awal blogger. Tepat ditengah blogger, akan muncul tulisan "CREATE YOUR BLOG" seperti pada gambar di bawah. Jika sobat sudah memiliki Blog, bisa langsung mengklik "SIGN IN" pada sudut kanan atas. Tetapi jika belum memiliki Blog, klik pada tulisan "CREATE YOUR BLOG", maka sobat akan di bawa ke halaman berikutnya.

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

3. Berikutnya sobat akan di bawa pada tampilan "SIGN IN, Email or Phone". Maksutnya disini, sobat diminta untuk memasukkan Email atau nomor Telpon yang akan digunakan login pada Blogger. Contohnya misalnya pada gambar di bawah (perhatikan kotak merah nomor 1),  saya menggunakan email "Caratut@gmail.com" untuk login. Bila sobat sudah mengisi email klik "NEXT" atau "Lanjutkan". Bila kurang mengerti, sobat bisa ganti bahasa pada kolom Nomor 3 (Perhatikan Gambar). Disitu tersedia banyak bahasa.


Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

4. Setelah memasukkan email, maka langkah berikutnya sobat diminta untuk memasukkan Password atau kata Sandi. Setelah itu, klik "NEXT", maka sobat akan dialihkan pada tampilan berikutnya. Perhatikan gambar di bawah.

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

5. Langkah ke lima, setelah memasukkan Email dan Password, sobat akan dibawa pada tampilan Profil Blogger. Disitu akan muncul Tulisan "Selamat Datang di Blogger". Sobat diminta untuk memasukkan nama Profil Blogger. Contohnya misalnya pada gambar di Bawah, saya menulis nama Profil "CARATUT". Kalau sudah selesai, berikutnya Tekan "Lanjutkan ke Blogger".

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

6. Langkah ke Enam, setelah sobat menekan "Lanjutkan ke Blogger", sobat akan menuju tampilan seperti Gambar di Bawah. Disitu ada tulisan "Buat Blog Baru", sobat langsung klik ajah, maka akan diarahkan ketampilan berikutnya. Perhatikan kotak merah pada gambar di bawah.

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

7. Setelah menekan "Buat Blog Baru", sobat akan diminta untuk memasukkan Judul Blog, dan Alamat Blog. Contoh Judul misalnya "Cara Tutorial", Kemudian untuk Alamatnya misalnya: Caratut.blogspot.com. Langkah selanjutnya, sobat pilih template Blog, perhatikan kotak nomor 3 pada gambar dibawah. Pilih salah satu template, selanjutnya klik "BUAT BLOG". Maka pada tahap pembuatan blog sudah jadi. Sobat tinggal mengisi postingan.

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

8. Nah, setelah menekan kolom "Buat Blog" di atas, pada umumnya akan tampil tilisan "Cari Nama Domain untuk blog Anda dan hubungkan Langsung" seperti gambar di bawah. Sobat tinggal close atau klik Lain Kali. Karena tampilan di bawah hanya merupakan penawaran dari Google mengenai Domain Hosting. Penawan dibawah sifatnya berbayar, jadi mending di closes ajah.

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

9. Pada langkah ke Sembilan, Blog Sobat sudah jadi. Tinggal memasukkan tulisan. Caranya, pada "ENTRI BARU" sobat klik, maka akan di arahkan ke tampilan penulisan artikel. Kemudian pada tulisan undang-undang uni eropa, sobat tinggal closes ajah (perhatikan gambar yang diberi nomor satu dibawah). Pada angka nomor tiga (3), yang bertuliskan "Lihat Blog", merupakan link dimana sobat dapat melihat tampilan awal blog (sobat). 

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

10. Langkah kesepuluh ini, merupakan proses atau cara membuat postingan pada Blog yang sudah Jadi. Ada pun langkah-langkahnya yakni (1) Judul Postinga: ditulis pada kolom nomor 1 (perhatikan gambar di bawah), (2) Tempat untuk mengetik artikel yang ingin ditulis, (3) merupakan kategori atau label. Sobat dapat mengelompokkan tulisan sesuai dengan pembahasan. Contohnya misalnya, Judul tulisan saya yakni "Cara Mengatasi Masalah File Ads.txt pada Google Adsense" (ini merupakan judul Postingan). Kemudian pembahasannya atau artikelnya tentunya memuat tentang langkah-langkah atau tutorial mengatasi masalah File Ads, dan pada bagian Label atau kategori saya beri nama "Tutorial Edsense". Jadi pada tulisan berikutnya, jika saya menulis lagi seputar google edsense maka labelnya tentunya menggunakan "Tutorial Edsense". Semua artikel yang membahas Google edsense tergabung menjadi satu kategori. 

Terakhir, bila tulisan atau artikel sudah jadi, sobat dapat memposting artikelnya,  caranya pada kanan atas terdapat tulisan "Publikasikan". Sobat tinggal klik, maka tulisan anda bisa dibaca secara umum. Untuk memastikan seperti apa hasilnya klik, "LIHAT BLOG" (perhatikan Langkah-langkah Nomor ( di atas).

Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang

Nah sekarang sudah tahukan bagaimana cara membuat blog. Berikutnya, bang sin akan berbagi tips singkat tentang cara mendapatkan uang dari Blog. Jadi sebenarnya, jika sobat ingin mendapatkan uang dari Blog ada banyak cara tergantung dari pribadi masing-masing. Ada yang memanfaatkan blog sebagai tempat menjual produk seperti baju, aksesoris dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga yang memanfaatkan blog sebagai penyedia layanan iklan seperti edsense. Jadi orang memasang iklan di blog kita, kemudian dibayar berdasarkan kesepakatan. Untuk lebih jelasnya akan dibahas pada artikel berikutnya. Demikian tutorial ini semoga bermanfaat sampai jumpa pada artikel berikutnya.


Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Blog Gratis Agar Dapat Menghasilkan Uang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel